Gambar dari Heru Suhartanto
SMP Terbuka Terapkan TIK
dari Heru Suhartanto - Monday, 24 August 2009, 08:10
  Berita itu dari situs http://www.suarapembaruan.com/News/2009/08/22/index.html . benar kan Esfindo siap dipakai nich ... silahkan sekolah sekolah yang belum punya server. Tinggal pakai Esfindo --- kapan lagi gak usah nunggu ya.

Wasalam
---Heru


JAKARTA] Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Mandikdasmen) Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) menerapkan proses belajar mengajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) kepada siswa SMP Terbuka mulai tahun ini.

Diharapkan, program ini memacu dan memotivasi minat belajar siswa secara mandiri, sebagai ciri khas cara belajar di SMP Terbuka, yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Suyanto kepada wartawan di Jakarta, Jumat (21/8) menuturkan, salah satu ciri khas SMP Terbuka adalah cara belajar siswa, yang menitikberatkan pada belajar mandiri, baik perseorangan maupun kelompok.

Karenanya, untuk memacu dan mendorong minat siswa mandiri tersebut, diperlukan upaya inovatif. "Meskipun telah dicoba berbagai upaya, kendala waktu, ternyata bukan hanya menjadi milik siswa dari keluarga tidak mampu, tetapi juga dari keluarga mampu," kata Suyanto.

Menghadapi kondisi tersebut, Direktorat Pembinaan SMP, bekerja sama dengan Pusat Teknologi Komunikasi Pendidikan, melakukan inovasi proses pembelajaran di SMP Terbuka, sehingga menjadi lebih luas lagi. Caranya, dengan meningkatkan mutu pembelajaran, yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya TIK.

"Jadi, siapa pun bisa menjadi siswa SMP Terbuka, karena SMP Terbuka akan memberikan pelayanan pendidikan kepada siapa pun anak usia 13 - 15 tahun, dari semua kalangan, yang mempunyai kendala waktu untuk mengikuti pelajaran di SMP reguler," tegasnya.