Gambar dari Heru Suhartanto
100 Hari Mendiknas Targetkan Mengurangi Gap Kualitas Pendidikan
dari Heru Suhartanto - Monday, 26 October 2009, 07:06
  JAKARTA-MI: Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh berjanji akan mengurangi terjadinya gap kualitas pendidikan antara daerah satu dengan daerah lainnya. Dengan kata lain, ke depan di manapun wilayahnya, tidak ada rakyat Indonesia yang tidak mendapatkan layanan pendidikan atau sekolah.

"Dalam hal ini, Depdiknas akan mengedepankan empat pilar untuk memperluas layanan pendidikan kepada masyarakat Indonesia. Pertama, sekolah harus ada, termasuk kelayakan dari sekolah, kami menginginkan akhir 2010, tidak ada lagi cerita sekolah yang bocor. Artinya kita punya target 2010 sekolah di Indonesia semuanya layak," kata Mendiknas kepada pers, di Gedung Depdiknas, Jakarta.

Pilar kedua, lanjut Mendiknas, sekolah yang layak juga akan dibuat dengan harga terjangkau (bukan gratis), meskipun nantinya masyarakat akan dibebankan biaya pendidikan seminimal mungkin. "Dan, pilar ketiga, selain sekolah layak dengan harga terjangkau, juga pentingnya kualitas. Barulah, yang terakhir, ada jaminan bagi peserta didik dalam mengembangkan ilmunya dan menciptakan pekerjaan, setelah lulus di jenjang pendidikan apapun," kata Mendiknas.

Terkait dengan program 100 hari, Mendiknas mengatakan mulai November hingga Januari, tidak akan menyimpang dari program dan anggaran yang sudah ada. "Kita akan merampungkan apa yang sudah ada pada 2009, memasukkan kontrak kinerja, merampungkan dan menyusun program-program yang khusus menjadi motor untuk 2010, dan terakhir, mempersiapkan program jangka menengah 5 tahun ke depan," katanya.

Di sisi lain, dalam waktu ke depan, Mendiknas mengisyaratkan tes masuk perguruan tinggi negeri (PTN) akan diintegrasikan dengan hasil ujian akhir secara nasional di tingkat SMA dan sederajat. Dengan begitu, maka tes masuk PTN akan berdasarkan hasil ujian akhir secara nasional atau Ujian Nasional (UN).


berita lengkap di sini.


sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2009/10/25/102128/88/14/100-Hari-Mendiknas-Targetkan-Mengurangi-Gap-Kualitas-Pendidikan