Gambar dari Heru Suhartanto
Perkecil Diskriminasi di Bidang Pendidikan Nasionalisme Tidak Mengenal "Locus"
dari Heru Suhartanto - Wednesday, 28 October 2009, 07:55
 
Rabu, 28 Oktober 2009 | 03:40 WIB

Jakarta, Kompas - Semua warga negara harus mempunyai kesempatan yang sama di bidang pendidikan. Oleh karena itu, diskriminasi pendidikan, baik menyangkut diskriminasi sosial, diskriminasi kewilayahan, maupun diskriminasi agama, harus dihapuskan, setidaknya diperkecil.
"Semua warga negara harus mempunyai akses yang sama. Tidak boleh dibedakan kaya-miskin atau Jawa dan luar Jawa. Semua harus punya akses yang sama. Terserah, akses tersebut akan dimanfaatkan atau tidak," kata Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh di Jakarta, Selasa (27/10). "Prinsipnya, jangan sampai gara-gara tidak punya uang kemudian tidak bisa mendapat pendidikan yang berkualitas," lanjut Nuh.
Di sisi lain, menurut Nuh, pemerintah juga harus terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan agar merata di semua wilayah Tanah Air. Peningkatan kualitas ini menyangkut sarana dan prasarana, guru, ataupun aspek pendidikan lainnya.
Untuk sarana dan prasarana, misalnya, Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) menargetkan tahun 2010 sudah tidak ada lagi bangunan sekolah yang rusak. Mendiknas sudah menghubungi sejumlah kepala daerah agar memprioritaskan rehabilitasi gedung sekolah.

...dst

http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/10/28/03402948/perkecil.diskriminasi.di.bidang.pendidikan

--
Well, ESFINDO is on the way ! it will be part of the waves!