Gambar dari Heru Suhartanto
Pustekkom Ingatkan Pemanfaatan Internet di 18 Ribu Sekolah
dari Heru Suhartanto - Monday, 28 December 2009, 19:06
 
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2009/12/27/brk,20091227-215818,id.html

Minggu, 27 Desember 2009 | 18:00 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta - Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Departemen Pendidikan Nasional mengingatkan jaringan internet di 18 ribu sekolah digunakan seperlunya.
"Keperluan sekolah tidak harus dicari lewat internet," ujar Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Departemen Pendidikan Nasional Lili Gani ketika dihubungi, Ahad (27/12)

Dalam program 100 Hari Departemen Pendidikan Nasional dijanjikan sambungan internet yang tergabung dalam sistem internet jaringan pendidikan nasional (Jardiknas) bagi 17.500 sekolah di jenjang pendidikan dasar 9 tahun. "Alhamdulillah, sudah lebih dari 18 ribu sekolah," urai Lili.
Sambungan internet ini, lanjut dia, tujuannya untuk membiasakan sekolah dengan perkembangan teknologi. Dengan kapasitas pita lebar 1 Megabita, kata lili, tentu untuk internet saja tidak cukup. Maka harapannya, sekolah tidak terlalu sering untuk berselancar di dunia maya. "Kalau bisa dicari di jaringan pendidikan, tidak usah membuka Google atau Yahoo," jelas Lili.

Sistem internet jaringan pendidikan nasional sudah terhubung dengan perguruan tinggi, unit pelaksana teknis, kantor dinas pendidikan, dan sekolah-sekolah. Kalaupun ingin mengunduh e-book, ia menambahkan, satu orang saja yang mengunduh kemudian bisa digandakan.
Agar pemanfaatannya tepat, Pusat Teknologi juga tengah melatih guru atau pegawai sekolah untuk memelihara dan memperbaiki jaringan yang sudah terpasang. Bagi sekolah yang ingin segera dipasang jaringan, Lili berharap, sudah ada kesiapan infrastruktur seperti jaringan listrik dan telepon. "Kadang-kadang, daerah itu tidak siap," ungkapnya.