Gambar dari hasnawi hasnawi
Mengenal Symbian, Sistem Operasi Mobile Yang Mulai Terlupakan.
dari hasnawi hasnawi - Wednesday, 29 February 2012, 12:33
  Mau posting cuma kalo posting hal yang gak berguna rasanya kurang enak nih. mending posting yang bermanfaat aja.

Mengenal Symbian, Sistem Operasi Mobile Yang Mulai Terlupakan.


Pada kenal sistem operasi Android, Blackberry, Windows Phone, I-OS kan? Namun apakah anda tahu tentang symbian? Symbian merupakan Sistem Operasi terbuka yang berjalan pada bahasa pemrograman C+.

Mirip seperti sistem operasi desktop, Symbian OS mampu melakukan operasi secara multithreading, multitasking dan pengamanan terhadap memori. Dan semua pemrograman pada Symbian dilakukan secara event-based, artinya hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan berupa aktivitas tertentu. Namun perlu dipahami sistem operasi ini memang ditujukan untuk diinstal pada peralatan mobile dengan keterbatasan sumber daya. Multithread dan multitasking memberikan kemampuan Symbian OS untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus. Namun khusus ini, adanya preemptive multitasking kernel akan memberi tiap-tiap program suatu pembagian waktu pemprosesan yang dilakukan bergantian dengan cepat sehingga nampak bagi pemakai seolah-olah proses ini dieksekusi secara bersamaan. Untuk itu telah didefinisikan penjadwalan berdasar prioritas tertentu untuk menentukan proses mana yang berjalan terlebih dahulu dan proses apa berikutnya serta berapa banyak waktu akan jadi diberi.

Symbian OS sendiri bukanlah software yang sifatnya open source secara penuh karena meskipun terdapat ketersedian API dan dokumentasinya, yang banyak membantu pihak pengembang aplikasi untuk membuat software yang berjalan di atas sistem operasi ini, dipublikasi untuk umum namun tidak untuk kode source sendiri.

Sampai saat ini ada banyak versi symbian, beberapa diantaranya adalah Symbian 6.1, 6.2, 7.1,7.2, 8.1, 8.2, 9.1, 9.2, 9.3, 9.4, Symbian^3, Symbian Anna, dan Symbian Belle. Biasanya ponsel Nokia yang punya sistem operasi ini. mohon maaf apabila postingannya kurang jelas karena penulisnya hanya punya waktu sedikit.